Featured Posts

Selasa, 17 Agustus 2010

10 Letusan Gunung Berapi Paling Luar Biasa yang terekam Kamera

10. Eruption of Mount Pinatubo, Philippines, 1991


Pada bulan Juni 1991, salah satu yang paling mengagumkan dan spektakuler ledakan vulkanik dari abad ke-20 terjadi di pulau Luzon di Filipina, 55 mil barat laut ibukota, Manila. Dalam tampilan jam sembilan merusak kekuasaan mentah, Gunung Pinatubo murka vent vulkanik sejauh sampai 800 orang meninggal, sedangkan 100.000 lagi yang kehilangan tempat tinggal. Skala bencana ini diperbesar oleh fakta bahwa begitu banyak belerang dioksida lepas ke atmosfer, bahwa ada penurunan suhu di seluruh dunia selama beberapa tahun ke depan.

9. The eruption of Mount St Helens, USA, 1980

Saat Gunung St Helens, 100 mil selatan Seattle, Washington, meledak pada tahun 1980 itu seperti letusan kuat, meledak bagian atas gunung itu sama sekali. Hal itu merupakan letusan gunung berapi terburuk dalam sejarah Amerika. The gemetar bumi sekitar memang menghancurkan, dan juga menyebabkan tanah longsor terburuk yang pernah dicatat, perjalanan sampai dengan 150 mph dan mencakup 23 mil persegi, pada kedalaman rata-rata 150 kaki. Ash jatuh menutupi 22.000 mil persegi, dan aliran piroklastik, pada 1.300 derajat Celcius, perjalanan di 80mph, meliputi 6 mil persegi. Puluhan ribu pohon tertiup turun, dan 57 orang tewas bersama dengan lebih dari 7.000 hewan.

8. Eruptions of Eyjafjallajokull, Iceland, 2010

Letusan gunung berapi Eyjafjallajökull di Islandia adalah urutan peristiwa vulkanik yang, meskipun relatif kecil, menyebabkan gangguan yang sangat besar untuk perjalanan udara di seluruh Eropa pada bulan April sampai Mei, 2010. Ini bukan letusan yang menyebabkan kerugian besar dalam hidup, tapi mereka jelas menunjukkan berapa banyak hidup manusia dapat dipengaruhi oleh aktivitas gunung berapi.

Mereka menciptakan awan abu besar yang hanyut dalam arus udara untuk ribuan mil di banyak daerah Eropa Barat, dan dengan demikian mengakibatkan penutupan sebagian besar wilayah udara Eropa, menciptakan tingkat tertinggi gangguan terhadap perjalanan udara dalam setengah abad. Ketika letusan terjadi pada malam hari, pemandangan berubah menjadi apa yang dengan mudah bisa menjadi representasi alam neraka, begitu mengejutkan indah itu. Ini adalah ketika saat-saat paling dramatis dari pijaran api ditangkap, sering biasa indah untuk dilihat.

7. Semeru Volcano, East Java, Indonesia, 2008

Semeru, di Jawa Timur, Indonesia, adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di wilayah tersebut. Letusan terjadi setengah jam dan hampir selalu dari jenis bahan peledak. letusan besar sering diikuti dengan kolom menyapu abu panas dikenal sebagai aliran piroklastik. Gunung Semeru adalah yang tertinggi di Jawa dan salah satu yang paling aktif di dunia. Telah situs banyak kematian, yang paling terakhir telah terjadi pada bulan Agustus 2008.

6. Tungurahua volcano, Ecuador, May 2010

gunung berapi di Gunung Tungurahua Ekuador meletus pada tanggal 28 Mei 2010, memaksa evakuasi ratusan orang. Bulu-bulu letusan naik 10km di atas kawah. Ash dilaporkan jatuh sejauh 185km barat daya gunung berapi, banyak mengganggu penerbangan di daerah tersebut.

Gunung berapi demonstrasi menakutkan kekuatan panas logam-meltingly yang seethes dalam inti planet kita. Mereka biasanya terletak pada batas di mana lempeng tektonik - tanah besar-massa yang meliputi permukaan bumi - bertabrakan dan menggiling bersama-sama. Gunung berapi hanya outlet katup untuk batuan cair, kotoran dan gas. Bentuk yang paling kita kaitkan dengan gunung berapi, kerucut terbalik, adalah hasil dari lava yang mengalir dari letusan sebelumnya dalam banyak kasus, dan dapat mengambil ribuan atau bahkan jutaan tahun untuk berkembang.

5. Galunggung Volcano, West Java, Indonesia, 1982

Pada tanggal 24 Juni 1982, BA 747 jet jumbo, dengan 262 orang di atas kapal, sedang meluncur di 37.000 kaki ketika menemukan awan abu dari Gunung Galunggung, di Jawa Barat, yang pada waktu itu marah besar memuntahkan awan menuju ke angkasa puing karena meletus . Semua empat mesin gagal sebagai pesawat memasuki awan abu menyebar dan pesawat jatuh 20.000 kaki sebelum kru untungnya ulang semua mesin, satu per satu. Pendaratan darurat dilakukan di Jakarta, Indonesia. Ketika tercatat pertama letusan Gunung Galunggung terjadi tahun 1822 4.000 orang meninggal. Yang kedua tahun 1894 menyebabkan kerugian harta benda yang luas, sedangkan 3 Desember 1982 menyebabkan 68 kematian.

4. Mount Redoubt eruption, Alaska, 1990


Selama benteng Gunung Berapi pada tanggal 21 April, 1990 bulu-bulu berbentuk jamur, mengingatkan pada awan yang dibuat oleh bom atom, naik dari longsoran dari aliran piroklastik yang mengalir menuruni lereng utara gunung berapi. Ini lagi letusan sangat mudah meledak, didengar oleh orang banyak mil jauhnya. Laporan menyarankan bahwa awan abu sudah mencapai sekitar 15 km di atas permukaan laut, menyebabkan pembatalan penerbangan dari bandara terdekat. Seperti yang Anda lihat, awan itu spektakuler dalam penampilan. Mayor letusan dapat mengancam kehidupan bagi orang yang hidup dekat dengan gunung berapi.

Lautan lava merah-panas, sampai 1250C, dapat mengalir seperti lumpur berair, membakar segala sesuatu yang menyentuh. bom lava besar dapat hujan turun di sekitar pedesaan, sementara awan gas sangat panas dan abu keluar ras dapat dengan kecepatan hingga 200mph, mengubur semuanya sebelum mereka. Itu hanya seperti awan mematikan yang kewalahan kota Pompeii. Angka-angka kematian yang sebenarnya tidak diketahui, tetapi diperkirakan lebih dari seperempat juta orang meninggal dalam 300 tahun terakhir dari letusan gunung berapi dan kehancuran yang dihasilkan.

3. Stromboli Volcano, Sicily, 1980

Gunung berapi-pulau kecil Stromboli, antara Sisilia dan Italia, telah meletus selama ratusan tahun. Hal ini terus ditingkatkan, mulai hidup kekerasan setiap dua puluh menit atau lebih untuk menghasilkan lightshows spektakuler yang telah menghasilkan gunung berapi yang disebut oleh beberapa, Mercusuar "dari Mediterania". Istilah "strombolian" telah diadopsi oleh seismolog untuk menggambarkan berbagai letusan gunung berapi yang bervariasi dari ledakan gunung berapi kecil, untuk kolom erupsi kilometer-tinggi. Aktivitas strombolian sejati selalu ditandai dengan singkat, ledakan ledakan lava pucat.

2. Gunung Rinjani, Lombok, Indonesia, 1994

Gunung Rinjani adalah gunung api aktif di Indonesia di pulau Lombok. Naik ke 12.224 kaki, sehingga gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia, dan sama tingginya dengan Gunung Fuji di Jepang. Pada tanggal 3 Juni 1994, gunung ini meletus dan dikirim abu lebih dari 1500ft ke udara. Selama minggu berikutnya, sebanyak 172 ledakan lebih lanjut untuk didengarkan setiap hari dari observatorium Sembalun Lawang di dekatnya. Ini adalah letusan yang sangat keras tapi untungnya tidak menyebabkan kematian massal.

1. Gunung Etna, Sisilia, 1991

Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia. Terletak di Sisilia, Italia, dekat kota Catania. Pada tanggal 14 Desember 1991, lava meletus sepanjang sistem rekahan yang dibuka pada tahun 1989 dan menutupi sebagian besar selatan gunung berapi. letusan itu berlangsung selama lebih dari satu tahun, yang berakhir pada tanggal 31 Maret tahun 1993 setelah 473 hari.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "10 Letusan Gunung Berapi Paling Luar Biasa yang terekam Kamera"

Posting Komentar